Total Tayangan Halaman

Senin, Maret 25, 2013

Inisial ‘G’



Sebuah kisah dalam perjalanan hidup yang memberikan pengalaman berharga dalam hidupku bermasyarakat. Delapan bulan, ya… delapan bulan. Perjalanan hidup itu tidak pernah terlupakan. Kisah yang membuatku belajar banyak hal dalam hidup bermasyarakat. Mengetahui lebih dekat orang-orang yang baru dikenal. Memahami karakter dan sifat banyak orang melalui percakapan singkat. Dan yang pasti menjadikanku bermanfaat bagi orang lain. Bisa membantu orang lain dalam segala hal, membuatku menjadi sosok pribadi yang ‘nyata’.
Hampir setiap hari kujalani hari-hariku di sana. Meskipun sendiri, tetapi aku bahkan tidak pernah merasakan sendiri sedikitpun. Banyak orang-orang disekitar yang selalu menyapa, bercanda, memberi, dan berbagi. Pengalaman yang menyadarkanku akan pentingnya hidup bermasyarakat. Hidup bersama dengan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Dalam keadaan seperti itulah kesabaran, pengertian, dan kepedulian kita dipertanyakan. Apakah selama ini dalam bermasyarakat kita sudah memberikan yang terbaik bagi orang-orang di sekitar kita? Seberapa besarkah kita memberikan perhatian kepada orang-orang di sekitar kita? Terkadang tidak pernah terpikir bagaimana diri kita dinilai oleh orang lain. Terkadang kita hanya sudah merasa baik hanya dengan menyapa mereka. Namun, apakah hanya karena itu saja kita sudah dikatakan bermasyarakat? Dan sudah cukup baik sebagai tetangga atau teman se-kompleks?

Teringat sepenggal kisah dalam drama Jepang tentang pengabdian seorang dokter di sebuah pulau terpencil, Dr. Koto’s Clinic. Kisah tersebut bercerita tentang seorang dokter yang mengabdi di sebuah pulau kecil di Jepang. Kisah perjuangan seorang dokter yang berusaha meraih simpati dan kepercayaan dari masyarakat setempat. Dengan keramahan, kesabaran, dan dedikasinya dalam usaha menyembuhkan dan melakukan yang terbaik itulah yang membuat masyarakat akhirnya percaya akan ketulusan sang dokter. Kepercayaan itulah yang membuat sang dokter dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dan,,, mungkin keadaan seperti itu akan kita ditemukan dalam kondisi masyarakat di dunia nyata, terutama dalam kondisi masyarakat pedesaan. Yups,, bisa bermasyarakat, dipercaya, dan diterima dengan baik dalam masyarakat yang hererogen.
Inisial ‘G’… salah satu tempat untuk-ku bisa mengenal keadaan masyarakat yang sebenarnya. 
-------Terimakasih-------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis apa saja wis,,